Apakah kemaksiatan menghapuskan amalan sholeh?

Pertanyaan:
Apakah jika kita melakukan kemaksiatan baik yang besar atau yang kecil hal itu dapat menghapuskan pahala amalan sholeh yang kita miliki?

Dijawab oleh al-Ustadz Muhammad Rijal -hafidzohulloh-:
Dosa bertingkat-tingkat. Bisa jadi ada dosa yang menghapuskan semua amalan, yaitu asy-syirku wal kufru, syirik dan kekufuran itu menghapuskan semua amalan, syirik akbar.
Jika dosa yang dimaksud syirik akbar atau kekufuran, seperti menghina Alloh, menghina al-Qur’an, menghina rosul, ini contoh dosa kekufuran. Maka ini menghapuskan semua amalan.

لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ

“Jika engkau berbuat syirik (wahai nabi) sungguh akan hancur seluruh amalanmu”. (Az-Zumar: 65)

Padahal ini nabi z.
Kemudian di antara amalan ada yang menghapuskan pahala amalan yang mengiringinya, yaitu arriya’. riya’, syirik ashghor ini menghapuskan amalan yang diiringi. Kalau yang diiringi riya’ adalah sholat dzuhur maka yang hapus adalah amalan sholat dzuhurnya, menghapuskan pahalanya.
Bahkan dia mendapatkan dosa. Berbeda dengan syirik besar, kalau syirik besar menghapuskan semua amalan.
Adapun malan-amalan yang lain, dosa-dosa yang lain, dosa-dosa kecil wallohu a’lam bishshowab, bisa jadi mempengaruhi amalan seseorang. Wal ‘ilmu ‘indalloh, Dan ilmu itu di sisi Alloh a Sebagaimana amalan kebaikan juga akan menghapuskan perbuatan jelek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *